Syarat dan Tata Cara Klaim Asuransi Prudential untuk Rawat Inap

Cara Klaim Asuransi Prudential

Salah satu manfaat memiliki asuransi kesehatan adalah Anda bisa mengajukan klaim atas perawatan medis yang dibutuhkan. Anda tidak perlu bingung lagi dengan besarnya biaya yang dibutuhkan. Asuransi kesehatan akan membayarkan penuh semua biaya yang ditimbulkan dari perawatan medis yang dilakukan, seperti asuransi kesehatan dari Prudential. Selama Anda mengikuti semua prosedur dan tata cara klaim asuransi Prudential, klaim yang Anda ajukan akan disetujui.

Tidak sulit mengajukan klaim asuransi kesehatan dari Prudential. Anda bisa menggunakan metode pembayaran cashless atau menggunakan cara reimbursement. Metode cashless memungkinkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya serupiah pun. Sedangkan metode reimbursement, Anda perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum kemudian diganti oleh pihak perusahaan asuransi.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda tahu terkait cara klaim asuransi Prudential dengan dua metode tersebut.

Metode Cashless

  1. Anda disarankan untuk memilih rumah sakit rekanan yang telah bekerja sama dengan Prudential untuk bisa menikmati fasilitas pembayaran cashless ini.
  2. Sebelum menjalani rawat inap, Anda sebaiknya menghubungi pelayanan medis 24 jam Prudential. Nomornya tertera di bagian belakang kartu peserta asuransi yang Anda miliki. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai manfaat polis yang Anda dapatkan serta melakukan verifikasi.
  3. Syarat yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim rawat inap asuransi kesehatan Prudential di rumah sakit rekanan sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kartu peserta asuransi dan kartu identitas diri, baik KTP, SIM, maupun passport. 
  4. Tunjukkan kartu peserta asuransi Prudential dan kartu identitas asli Anda kepada petugas administrasi rumah sakit tempat Anda dirawat inap selambat-lambatnya 1x24 jam sejak dirawat. Identitas yang ada pada kartu peserta dengan kartu identitas harus sama.
  5. Semua biaya perawatan akan ditanggung oleh pihak Prudential selama manfaat yang diperoleh sesuai dengan yang tertera dalam polis asuransi. Jika ada kelebihan atau perbedaan manfaat, maka Anda perlu membayar selisih harga yang timbul dari hal tersebut.

Metode Reimbursement

Syarat yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim dengan metode ini cukup banyak, Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut ini :
  1. Formulir klaim rawat inap dan surat kuasa pemberian rekam medis asli
  2. Surat keterangan dokter (SKD) asli yang diisi dan ditandatangani oleh dokter yang merawat serta diberi cap oleh rumah sakit yang menjadi tempat dirawat inap
  3. Kuitansi atau tanda terima pembayaran lengkap dengan rincian biaya perawatan yang asli dari rumah sakit
  4. Salinan seluruh hasil pemeriksaan medis yang telah dilakukan, misalnya hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi
  5. Salinan kartu identitas diri yang masih berlaku

Selain kelima dokumen tersebut, pihak Prudential juga bisa meminta dokumen pendukung lainnya agar dapat memberi persetujuan terkait klaim yang diajukan.

Nah, demikian pembahasan mengenai syarat dan tata cara klaim asuransi Prudential dengan menggunakan metode cashless dan reimbursement. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengunjungi laman Prudential atau menghubungi agen asuransi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar