5 Tips Merawat Masker Kain Agar Lebih Awet

5 Tips Merawat Masker Kain Agar Lebih Awet

Saat berkendara menggunakan sepeda motor, masker menjadi salah satu item yang sebaiknya digunakan. Polusi dan debu di sepanjang jalan cukup berbahaya bagi pernapasan Anda, sehingga alangkah baiknya untuk menggunakan masker yang satu ini sebagai proteksi selama di jalan raya. Masker yang bisa Anda gunakan adalah masker kain atau sejenisnya. Masker yang satu ini cukup ampuh untuk melindungi diri dari debu dan polusi yang berbahaya.

Keuntungan dari masker jenis kain yang satu ini adalah Anda bisa menggunakannya secara berulang-ulang. Tidak seperti masker medis yang harus dibuang sekali pakai, masker ini terbilang cukup hemat. Anda cukup mencucinya jika sudah kotor, dan bisa menggunakannya kembali. Namun, penggunaan masker jenis kain secara terus menerus membuat masker menjadi cepat rusak dan tidak layak pakai.

Merawat masker

Oleh karena itu, masker jenis kain harus dijaga sebaik mungkin. Bagaimana cara perawatannya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Mencuci Masker Sehabis Digunakan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar masker tetap awet adalah dengan mencucinya. Pastikan Anda mencuci masker jenis kain sesaat setelah digunakan. Ini dilakukan agar debu dan polusi yang menempel bisa segera dibersihkan dan tidak mengendap dalam jangka waktu yang lama. Jika dibiarkan begitu saja, kotoran yang menempel akan sulit dibersihkan dan masker menjadi tidak layak pakai.

2. Mengeringkan Masker di Bawah Sinar Matahari Langsung

Setelah di cuci, sebaiknya masker langsung dijemur di bawah sinar matahari langsung. Masker yang basah jika didiamkan dalam waktu yang lama akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, jemurlah masker kain sesaat setelah dicuci. Jangan menjemur masker terlalu lama karena itu juga bisa merusak warna dan tekstur kainnya.

3. Menyetrika Masker

Sama seperti pakaian, masker juga perlu disetrika setelah dijemur. Setrikalah bagian dalamnya sampai benar-benar rapi dan kering. Jangan menyetrika masker terlalu lama karena kainnya bisa-bisa berlubang dan Anda tidak bisa memakainya lagi. Oleh karena itu, pastikan juga suhu setrikanya pas, tidak terlalu panas dan tidak terlalu hangat.

4. Menyimpan Masker di Tempat yang Aman

Menyimpan masker tentu tidak bisa sembarangan. Setelah dicuci dan disetrika, simpanlah masker di tempat yang aman, jauh dari benda-benda tajam maupun benda lainnya yang membahayakan. Simpanlah di tempat yang kering agar masker tidak mudah berjamur. Menyimpan masker sembarangan membuat bakteri dan jamur mudah hinggap, sehingga masker jenis kain menjadi kotor dan bau.

Itulah empat cara merawat masker agar tetap awet. Jika Anda menginginkan masker yang kekinian sesuai dengan gaya anak muda, beli saja masker custom full print. Selain bisa melindungi diri dari debu dan polusi, masker kain ini juga bisa membuat penampilan lebih kece. Pesan sekarang juga, yuk!

0 komentar:

Posting Komentar