Cegah Infeksi, Inilah Cara Perawatan Luka Pasca Operasi di Rumah yang Tepat

Cegah Infeksi, Inilah Cara Perawatan Luka Pasca Operasi di Rumah yang Tepat

Tindakan operasi umumnya dilakukan pada saat proses kelahiran secara caesar maupun juga untuk mengangkat sebuah penyakit tertentu dalam tubuh. Setelah tindakan operasi maka nantinya area tersebut akan mengalami luka jahitan yang membutuhkan waktu selama beberapa hari bahkan juga minggu untuk bisa pulih sepenuhnya. Perawatan luka operasi di rumah ini pada dasarnya juga hal yang gampang-gampang sulit untuk dilakukan. Banyak hal yang memang haru diperhatikan agar nantinya luka tersebut bisa pulih atau sembuh.
 
Tak jarang juga kasus dimana pasca melakukan operasi tersebut, maka luka justru bertambah parah, menyebabkan terjadinya infeksi yang juga menyakitkan. Anda sendiri tentunya tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan. Mengingat pada dasarnya infeksi ini bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius lagi, membuat bekas luka juga semakin sulit untuk dihilangkan kedepannya. Infeksi yang terjadi pada luka operasi ini bisa saja terjadi karena:
 
  1. Interaksi kuman yang terjadi pada area kulit dan juga luka operasi yang ada pada tubuh, karena memang pada dasarnya di permukaan kulit kita juga sudah terdapat kuman. Maka besar kemungkinan nantinya hal ini akan ikut menginfeksi tubuh. Khususnya adalah area yang terluka tersebut, dampaknya sudah pasti bisa sangat fatal.
  2. Interaksi kuman yang penyebarannya melalui udara, udara yang ada di sekitar kita juga tidak sepenuhnya bersih, karena memang ada banyak yang mengandung virus maupun bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada luka.
  3. Interaksi antara kuman yang bersarang dengan tubuh dengan luka operasi, kemungkinan semacam ini juga tidak dapat dihindari, apalagi pada dasarnya di dalam tubuh manusia juga terdapat kuman yang bisa saja kuman dalam tubuh inilah yang memicu terjadinya infeksi.
  4. Paparan bakteri yang berasal dari tangan, hal inilah yang paling sering terjadi, karena memang tidak menjaga kebersihan tangan maka bisa dijadikan sebagai perantara atau sarana pemicu infeksi.
  5. Pemakaian alat-alat untuk membalut luka operasi yang kurang steril.
 
Lalu bagaimana caranya untuk bisa mencegah terjadinya infeksi tersebut, berikut ini yang dapat Anda lakukan, yaitu:
 
  1. Memastikan bahwa luka selalu dalam keadaan yang steril, hak pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga luka tersebut selalu bersih atau steril. Sehingga dapat mencegah terjadinya resiko infeksi.
  2. Selalu mengganti perban secara rutin, pergantian perban yang menutup luka operasi ini hendaknya juga harus dilakukan secara teratur, apalagi jika kondisinya sudah basah, maka hendaknya segera diganti yang baru dan kering. Karena memang perban ini juga bisa menjadi sarana yang justru menyebabkan bakteri menginfeksi luka.
  3. Mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter, obat-obatan tersebut diantaranya dapat meminimalisir resiko terjadinya infeksi dan juga bagus untuk mempercepat proses pengeringan luka tersebut.
  4. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tangan, apalagi sebelum melakukan kontak atau bersinggungan dengan luka operasi tersebut. Karena kebanyakan kasus tangan inilah yang menjadi penyebab luka menjadi infeksi. Mengingat ada begitu banyak bakteri dan juga kuman yang bersarang disana. Hindari juga untuk sering-sering menyentuh area yang baru saja dioperasi tersebut.
 
Perawatan luka pasca operasi kanker di rumah selain dapat dilakukan sendiri sebenarnya juga bisa dibantu oleh tenaga medis yang sudah profesional. Karena jika dilihat sekarang ini memang sudah ada layanan perawat yang datang ke rumah atau homecare yang dapat dipesan.

0 komentar:

Posting Komentar