5 Cara Memilih Semangka yang Berkualitas dan Manis

5 Cara Memilih Semangka yang Berkualitas dan Manis

Kamu suka makan semangka? Ya, semangka adalah buah yang sangat menyegarkan ketika dimakan. Selain itu, semangka mengandung vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan. Dikutip dari Healthline, semangka memiliki 92% kandungan air. Kadar air yang tinggi menjadi salah satu alasan mengapa buah tersebut membuat seseorang jadi merasa kenyang.

Tapi agar semakin puas saat menyantap buah ini, cobalah untuk membeli semangka yang benar-benar bagus. Supaya tidak salah dalam memilih semangka, Kami punya 5 cara memilih semangka yang berkualitas. Yuk, langsung cek!

1. Tangkai kering tanda semangka sudah matang

Ada cara tepat memastikan semangka pilihan kamu matang dan manis. Ini cara yang paling mudah. Di mana buah semangka memiliki tangkai di bagian atasnya, maka dari itu amatilah bagian tersebut.

Tangkai yang tampak kering dan mudah dicabut artinya semangka yang akan kamu beli sudah matang. Tapi jika tangkai masih hijau, kemungkinan besar semangka terlalu cepat dipanen dan tidak matang saat berada di pohon.

2. Perhatikan jaring berwarna coklat di bagian kulit semangka

Meski dikenal sebagai salah satu buah dengan cita rasa paling segar. Tapi saat membeli semangka, cobalah mengamati semangkannya terlebih dahulu. Bahwa tanda jaring berwarna coklat yang tampak melekat pada semangka, itu pertanda bahwa daging buahnya manis.

Tanda jaring coklat di bagian kulit semangka berasal dari penyerbukan lebah pada semangka. Semakin banyak penyerbukan di semangka, maka semakin manis pula rasanya.

3. Hindari memilih semangka yang memiliki bercak putih

Kamu suka lihat semangka yang terdapat bercak putih di bagian kulit luarnya? Ya, ternyata warna putih ini adalah indikasi buah tersebut kurang mendapat cahaya matahari. Artinya semangka itu belum sepenuhnya matang.

Semangka yang belum sepenuhnya matang, maka tidak akan memberikan rasa manis yang sempurna meski kandungan air di dalamnya cukup tinggi. Sementara jika ada bercak kuning di kulitnya, hal tersebut pertanda bahwa semangkanya memiliki rasa manis dan kematangan yang baik.

4. Mengetuk permukaan semangka untuk memeriksa kepadatan daging buahnya

Sama seperti cara memilih kelapa muda yang bagus. Kali ini, cobalah memilih semangka yang berkualitas dengan cara mengetuk permukaan semangka untuk memeriksa kepadatan daging buahnya. Semangka yang matang sempurna akan mengeluarkan suara yang berat dan penuh saat diketuk.

Namun sebaliknya, semangka yang memiliki banyak rongga di dalamnya akan berbunyi lebih nyaring dan bergetar saat diketuk. Ini menandakan semangka tersebut masih terlalu muda.

5. Mencermati warna garis di bagian kulit semangka

Saat cuaca terik, semangka menjadi salah satu buah tropis yang banyak dikonsumsi oleh sebagian orang. Nah, langkah selanjutnya dalam memilih semangka yang berkualitas adalah mencermati warna garisnya.

Semangka matang tentunya memiliki warna hijau gelap dan cenderung kusam dibandingkan yang belum matang. Semakin gelap dan tajam warna garis tersebut, artinya semangka itu memiliki rasa yang manis.

Demikianlah serba-serbi cara memilih semangka berkualitas. Dapatkan semangka yang rasanya manis agar lebih nikmat saat dimakan.

Setelah mengetahui manfaatnya, Kamu bisa mendapatkan buah ini dalam kondisi segar yang diambil langsung dari petani di TaniHub. Caranya cukup buka browser dan kunjungi https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Apple Store maupun Google Play Store

Tak hanya mudah, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti selalu menyediakan panen maupun produk segar, terbaik, dan berkualitas yang dipanen/diambil langsung dari petani Indonesia, membeli produk di TaniHub artinya juga sudah turut mendukung pertanian & perekonomian lokal, memiliki layanan pengantaran yang cepat. 

Hari ini pesan, besok tiba di depan pintu rumah, memiliki berbagai macam metode pembayaran yang mudah digunakan, memiliki layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, mendukung penuh kepuasan pelanggan, jika ada produk yang tidak sesuai, akan diganti serta banyak promo menarik yang membuat belanja jadi hemat tiap minggunya.

Yuk belanja di TaniHub

0 komentar:

Posting Komentar