4 Fakta Dibalik Keindahan Danau Toba yang Memukau


Siapa yang tak kenal dengan Danau Toba? Ya, danau yang memiliki ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer ini telah menjadi destinasi wisata yang menarik bagi turis lokal maupun mancanegara. Danau Toba juga menjadi danau terbesar di Indonesia dan juga Asia Tenggara, sehingga tak heran jika keindahan Danau Toba yang memukau terkenal hingga luar negeri.

Selain itu, danau yang diyakini terbentuk berdasarkan sebuah cerita rakyat lokal yang menceritakan terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir ini juga menyimpan banyak keindahan. Lalu, apa sajakah fakta dibalik keindahan Danau Toba yang memukau? Simak uraianya berikut :

1. Merupakan Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Fakta pertama di balik keindahan Danau Toba yang memukau adalah bahwa danau ini merupakan danau vulkanik terbesar yang ada di dunia, yaitu danau yang terbentuk akibat dari letusan gunung berapi. Karena letusan Gunung Toba, yang diperkirakan terjadi 800 ribu tahun lalu, akhirnya terbentuklah Danau Toba karena letusan tersebut membuat kawah di sekitar gunung berubah menjadi danau. Namun, melalui kejadian letusan Gunung Toba tersebut, saat ini Danau Toba berhasil menjadi danau yang terindah sekaligus terbesar di dunia dengan luas mencapai 1.145 kilometer persegi, dan kedalaman yang mencapai 450 meter.

2. Terdapat Ikan Batak yang Hanya Ada di Danau Toba

Salah satu fakta unik lainnya dibalik keindahan Danau Toba yang memukau adalah adanya ikan Batak (Neolissochilus thienemanni) yang hanya ditemukan di Danau Toba. Ikan yang termasuk jenis Omnivora dari Sumatera Utara ini merupakan jenis ikan yang hidup di aliran air yang deras. Akan tetapi, sayangnya ikan Batak saat ini sedang terancam punah karena jumlah populasinya yang semakin sedikit.

3. Dikelilingi Oleh 12 Air Terjun

Tak banyak yang tau jika dibalik keindahan Danau Toba yang memukau, ternyata selain pemandangan yang menarik danau ini juga dikelilingi oleh 12 air terjun yang indah di sekelilingnya. Air terjun yang mengelilingi Danau Toba diantaranya adalah Air Terjun Sampuran, Air Terjun Hadabuan Naisogop, Air Terjun Sigura Gura, Air Terjun Tonduhan, Air Terjun Sipiso Piso, dan Air Terjun Simanimbo, Air Terjun Efrata, Air Terjun Sigarantung, Air Terjun Situmurun, Air Terjun Binanga Bolon, Air Terjun Siboruon, dan Air Terjun Janji.

4. Adanya Danau Kecil di Pulau Samosir

Pulau Samosir yang terkenal karena berada di tengah-tengah Danau Toba dan memiliki julukan ‘Pulau di Atas Pulau’ ternyata juga memiliki danau di dalamnya lho, danau ini juga dijuluki dengan ‘Danau di Atas Danau’. Danau yang bernama Sidihoni ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan berada di tengah pulau Samosir. Namun, danau ini tidak disarankan untuk digunakan berenang karena dasarnya yang cukup dalam.

Itulah tadi 4 fakta dibalik keindahan Danau Toba yang memukau, siapa saja yang mengunjungi Danau Toba pasti ingin berkunjung kembali. Ada banyak rekomendasi hotel di Medan dan hotel murah di Medan yang bisa kamu kunjungi juga.

Posting Komentar

0 Komentar